Kemendes PDTT Akan Terapkan Sm@rtDesa247 Seluruh Desa Di Indonesia

POSTED ON Friday, 30 November 2018 04:40

Bengkulu, suryadewata.com Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Eko Putri Sandjojo mengharapkan aplikasi Sm@rtDesa247 dapat diterapkan seluruh desa Indonesia.

Aplikasi tersebut pertama yang hadir di tanah air yang memliki slogan IndONEsia, Jempolnya Indonesia.

Saya berharap semua desa dapat menerapkan aplikasi ini dalam mempercepat pembangunan Indonesia 4.0, kta Eko di Bengkulu, Jumat(16/11).

Hal itu disampaikan ketika mengunjungi stand pameran Expo Produk Unggulan Kawasan Pedesaan 2018 dan Peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) ke-50 Provinsi Bengkulu.

Ia mengatakan aplikasi sm@rtDesa yang dipelopori oleh Desa Duda Timur memiliki program yang kompleks dan terintegrasi. 

Sm@rtDesa247 sebagai administrasi desa yang membantu pemerintah desa dalam mempromosikan daerahnya (visi, misi, prestasi, kuliner, tempat wisata maupun denah lokasi terkoneksi dengan map digital).

Selain itu, mampu mengetahui kejadian kriminalitas, bencana alam dan kecelakaan. Pengguna dapat melakukan komunikasi audio atau visual dengan warganya dan Petugas Daerah yang lain tanpa batas jumlah peserta.

Aplikasi itu juga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas pelayanan administrasi ke warga. Menyebarkan pengumuman kepada warga atau aparat pemerintah lain.

Sekaligus mendukung Gerakan Nasional Desa Non-Tunai maupun mampu memiliki data warga yang akurat dan terupdate secara real time, bahkan lengkap dengan statistik.